Nulis Sinopsis FTV ???


Assalamualaikum Wr. Wb 🙏
Sebelumnya, aku mau cerita sedikit nih, tentang pengalaman aku nulis sinopsis FTV.
Nah, buat temen-temen semua, aku yakin banget, kalian pasti pernah kan nonton FTV yang di tayangkan di stasiun televisi SCTV? Ceritanya yang seru, menarik, humoris dan yang pasti, terkadang bikin baper juga. cerita-cerita FTV SCTV diminati oleh masyarakat Indonesia terutama kalangan anak muda ( Baca : Remaja ).
Jadi, sejak aku SD, aku tuh seneng banget nonton FTV 😅. Ceritanya yang konyol, unik, romantis, dan menghibur banget, ditambah pemainnya yang cakep-cakep, jadi wajar aja kan kalo aku suka sama FTV, hehe :v. Kalo nonton FTV, kita pasti gak asing sama judulnya yang gak biasa. Judul-judul FTV itu, menurutku kocak. Misalnya nih :
1. Ternak Lele Panen Jodoh ( Lah!!🙄 Enak banget kan ya, ternak Lele bisa panen Jodoh 😅)
2. From Pembantu Jadi Mantu ( Nah, savage banget ini mah 😅 untung bener, dari pembantu jadi mantu 😍😅)
3. Kecolok Cinta Tukang Cilok ( Waduh! Parah ini mah. Yang ada sakit lah tuh mata :v)
Dan masih banyak lagi.
So! Bagi aku, FTV itu, identik dengan judulnya yang unik.
Nah, dulu aku tuh kadang kesel banget kalo nonton FTV tapi endingnya gak sesuai sama apa yang aku harepin. (Ceileh :v )
Kadang ada yang endingnya ngegantung, sama-sama suka tapi kagak juga jadian, kan kasihan 😥 wkwkwk
Jadi, aku dulu mikir, "Andai aku yang bikin ceritanya, dah kubuat happy ending. Andai aku yang bikin ceritanya, aku pengen si pemain utama ini begini begini begini..."
Ini aku udah mikir ginian pas SD loh? Percaya gak sih? (Gak percaya?? Bodoamat sih :v)
Jadi, dari kata andai itu... ternyata bisa menjadi nyata dan terealisasikan.
Nah, tahun 2017 ada temen literasiku yang gabungin aku ke salah satu grub menulis. Dari situ, aku jadi tau kalo ternyata nulis sinopsis FTV itu bisa juga kok dari orang biasa kayak aku ( #sad 😪)
Ya, aku pikir dulu, cerita-cerita yang di tayangkan di TV itu dibuat sama orang-orang yang bertitle sarjana atau sama orang-orang yang kerjanya di dunia pertelevisian. Maksud aku, orang-orang yang gak kerja di dunia pertelevisian, semisal masyarakat biasa, pelajar, ibu-ibu rumah tangga, buruh pabrik, dll, aku pikir mereka gak bisa ikut menyumbangkan ide ceritanya agar di visualkan di televisi.
Jadi pas aku tau kalo ternyata menulis ide cerita untuk film itu juga untuk umum, bisa buat siapa aja, akhirnya aku nyoba. Pertama aku baca-baca dulu contoh naskah sinopsis FTV yang di publikasikan di website. Habis itu aku bikin. Waktu itu, ide ngalir aja. Jadi aku tulis apa yang ada dalam pikiranku. Gak nyampe satu jam udah jadi. Karena nulis sinopsis itu, kurang lebih 3-5 halaman aja. (Kalo 100+ halaman itu novel 🤣).  Waktu itu aku bikin cuma 3 Halaman. Judulnya waktu itu, "Kriuk Cinta Juragan Kerupuk" (Asyik kan? 😜. Coba bayangin, kriuknya cinta itu kayak apa?)
Untuk nama tokohnya sendiri, aku ambil dari nama temen-temen aku. Kalo alur,konflik cerita, aku bikin sesuai dengan ide pada saat itu. Tulis, revisi, kirim. Selesai. Udah! Abis itu aku gak mikirin bakal lolos gak ya? Aku bener-bener cuek. Jadi gak ada ambisi buat pengen lolos. Waktu itu dipikiran aku, yang penting udah nyoba. Nah, aku kan kirim bulan Juni 2018.
Tiba-tiba bulan September 2018 aku dapat kabar kalo sinopsis FTVku ACC. Lumayan juga ya waktunya 🤭.  Seneng banget pastinya. Soalnya itu aku pertama kali kirim dan alhamdulillah langsung ACC. Abis itu, bulan Oktober 2018 proses syuting dan bulan November 2018 tayang dengan judul revisi "Mending Makan Kerupuk Daripada Makan Temen"
Gila gila gila! Judulnya 🤣🤣🤣
Senengnya itu yang meranin tokohnya itu Chand Kelvin sama Nadya Arina. Cakep dah
 👍 Lebih-lebih, pas nama aku terpampang di TV pas FTV itu tayang.
Ide cerita : Nela A. Angraini
Wkwkwk.
Yaa, aku tau, sebenarnya ini tuh mungkin hal yang sangat biasa bagi beberapa orang. Karena sebenarnya, sudah banyak juga kok penulis sinopsis FTV dari kalangan orang biasa. Kalo bicara soal penulis mah, di Indonesia ini udah banyak banget penulis hebat luar biasa.
Cuma, aku sangat menghargai dengan apa yang terjadi dalam hidupku. Aku menikmati proses, pengalaman, dan apapun yang ada dalam hidupku.
Ya, intinya gini
"Tidak ada yang mustahil untuk kita capai. Selama ada niat, kemauan, tindakan dan do'a.
Tapi bagi aku point' pentingnya ini
"Jangan berambisi untuk berhasil. Jangan terlalu memikirkan bagaimana caranya berhasil. Tapi, lakukan suatu hal sebaik-baiknya. Setelah itu, pasrahkan sama yang di atas. (Allah).
Yakin deh, setiap usaha pasti akan membuahkan hasil sebanding dengan seberapa besar kamu mengusahakannya.
.
Oke, cukup sekian
Maaf kalo banyak typo
Semoga bermanfaat 🙏
-- @nela.a.a_--

Komentar

  1. Bener juga tuh, yang penting adalah melakukan suatu hal sebaik-baiknya...... Pasti nanti memertik hasilnya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Selalu Ada Jalan Untuk Siapapun Yang Mau Memperbaiki Diri.

SURAT CINTA TANPA NAMA